Agustus 4, 2018

Gerakan untuk Meningkatkan Kemampuan Gowes Anda

Gerakan untuk Meningkatkan Kemampuan Gowes Anda

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah kemampuan Anda dalam bersepeda. Salah satunya adalah pergi ke gym.

Namun, sejatinya Anda juga bisa melakukan latihan di rumah guna meningkatkan keterampilan gowes.

Olahraga bersepeda berkaitan erat dengan otot di pinggang, punggung, dan kaki. Anda bisa melatih bagian-bagian tersebut dengan senam khusus.

Dikutip dari Review.mtbr.com, berikut ini lima jenis olah tubuh yang akan mendukung kekuatan bersepeda Anda.

1).Peregangan perut

Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu. Kedua tangan berada di belakang kepala. Angkat kaki kiri hingga lutut membentuk siku. Lalu putar badan ke arah kiri, sampai siku mendekati lutut, dibarengi dengan ambil napas dan mengeluarkannya pelan-pelan.

Selanjutnya lakukan sebaliknya angkat kaki kanan dan putar badan ke arah kanan. Gerakan ini bisa dilakukan beberapa kali, temponya fleksibel, bisa cepat atau pelan-pelan.

2).Mengayuh pedal sambil tiduran

Posisi badan tiduran di atas matras. Kedua tangan berada di belakang kepala. Kemudian angkat kaki ke atas, lalu tekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat.

Selanjutnya luruskan kaki kanan, angkat punggung dan putar badan sehingga siku kanan menyentuh lutut kiri. Lakukan gerakan sebaliknya. Gerakan kaki pada senam ini, serupa orang mengayuh pedal sepeda.

3).Sit-up mengambang

Masih tetap telentang di atas matras. Kaki lurus dan tangan lurus di samping kepala. Pelan-pelan, angkat kaki tapi lutut tetap lurus, hingga membentuk sudut 45 derajat dari permukaan lantai. Pada saat yang sama, badan juga diangkat, sedang posisi tangan lurus meraih dan menyentuh kaki.

Lalu kembali pada posisi badan telentang. Ulangi gerakan ini beberapa kali secara pelan-pelan. Dijamin otot perut akan semakin kuat.

4).Memutar pinggang

Tubuh berbaring, posisi tangan telentang lurus ke sisi kiri dan kanan tubuh. Selanjutnya kedua kaki berhimpit diangkat lalu lutut ditekuk membentuk sudut 90 derajat. Kemudian gerakkan kedua kaki secara bergantian ke kiri dan ke kanan.

Selain menguatkan otot punggung bagian bawah, gerakan ini juga menguatkan otot perut.

5).Spiderman plank

Posisi tubuh seperti merangkak. Tumpuan badan depan ada di lengan dan siku. Kaki lurus ke belakang bertumpu pada pangkal jari kaki. Selanjutnya, angkat salah satu lutut dan gerakkan ke depan mendekati siku. Ulangi bergantian antara kaki kiri dan kanan. Spiderman plank ini akan menguatkan otot kaki, pinggang, punggung, juga tangan dan bahu.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: