Agustus 6, 2018

8 Tips Bersepeda Agar Pengendara Mobil dan Motor Tetap Ramah

Untuk anda yang bersepeda di jalan raya, seperti bersepeda menuju kantor atau sekadar berkeliling kota, cara anda bersepeda cukup mempengaruhi kenyamanan anda dan pengguna jalan lainnya seperti pengendara mobil dan motor. Sering kali pesepeda bersikap seperti “prioritas pertama” sehingga tak jarang membuat pengendara mobil dan motor jengkel bahkan tak jarang mereka akhirnya membahayakan pesepeda. 8 Tips bersepeda berikut dapat membantu agar pengendara mobil dan motor tetap ramah, sehingga semua pengguna jalan merasa nyaman:

  • Tetap bersepeda di sisi kiri. Jika ada bahu jalan yang lebar, rata, dan aman, manfaatkanlah. Salah satu hal yang selalu membuat pengendara motor dan mobil jengkel adalah saat pesepeda menggunakan jalur jalan sementara ada bahu jalan.
  • Ketika bersepeda dengan seorang teman, melaju berdampingan hanya dilakukan saat lalu lintas lengang dan tidak membahayakan pengguna jalan lain yang ining menyalip anda.
  • Jangan memaksa kendaraan untuk menyalip anda kembali. Saat lampu merah, tetaplah mengambil posisi di belakang kendaraan alih-alih bergerak ke depannya, karena bukan tidak mungkin sebelumnya kendaraan tersebut sudah bersusah payah menyalip anda dengan hati-hati. Jika mereka harus menyalip anda lagi, lama-lama mereka akan jengkel juga.
  • Bersepedalah dengan waspada dan tidak meliuk-liuk. Gunakan tanda-tanda tangan saat mau berbelok atau berubah jalur.
  • Bersepedalah dengan waspada dan tidak meliuk-liuk. Gunakan tanda-tanda tangan saat mau berbelok atau berubah jalur.
  • Jangan memicu reaksi. Jangan bergerombol di depan mobil yang berhenti saat lampu merah atau bersandar pada mobi yang berhenti di dekat anda.
  • Bersikaplah sopan. Persilakan mobil menyalip jika anda ingin melaju dengan santai. Bisa jadi sang sopir akan terkesan dan bersikap ramah saat bertemu pesepeda lain yang ada di depan.
  • Patuhi semua aturan lalu lintas. Jangan menerobos lampu merah atau mengabaikan larangan penutupan jalan karena perbaikan. Jika pesepeda mengabaikan aturan di jalan raya, pengendara kendaraan bermotor merasa berhak untuk mengganggu dan bahkan dendam. Agar dihormati, anda perlu menghormati.

Nah sepeda mania, cukup mudahkan, bersepedalah dengan sopan dan selalu hormati pengguna jalan lainnya.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: