Agustus 14, 2018

14 Tips Bersepeda Dengan Aman Di Jalan Raya

Bersepeda merupakan salah satu bentuk transportasi yang paling aman dan menyenangkan di dunia ( faktor kesehatan bisa jadi berada di urutan teratas ). Meskipun demikian hendaknya anda tidak mengabaikan keberadaan  mobil SUV ( sport utility vehicle ) seberat 2 ton di jalan raya. Gunakan teknik-teknik berikut untuk memastikan anda tidak mengalami SUV ( squased under vechiled / tergencet di kolong kendaraan ).

  1. Jika pengemudi tidak bisa melihat anda, mereka tidak bisa menghindari anda. Karena itu, gunakan pakaian berwarna cerah ( seperti merah,orange,kuning,dan putih ) pada siang hari dan lengkapi sepeda anda dengan lampu depan serta belakang untuk dinyalakan setelah matahari terbenam ( atau sebelum matahari terbit , jika anda tipe yang ambisius ).
  2. Bersepedalah secara defensif, tapi tidak ragu-ragu. Anda berhak menggunakan ruang di jalan raya , jdi gunakan hak itu. Bersepedalah secara wajar sehingga gerakan anda bisa di prediksi dengan percaya diri. Hal itu akan membantu pengendara mobil dan motor mengantisipasi dan merasa nyaman berbagi jalan dengan anda.
  3. Jika lalulintas tersendat, bersepedalah di jalur yang aman. Pada kondisi itu sepeda bisa secepat atau lebih cepat di bandingkan kendaraan bermotor, jadi jangan terlalu merapat ke trotoar dimana anda tak terlihat dengan jelas dan cenderung terimpit mobil.
  4. Saat melihat mobil berhenti di pinggir jalan, ambil jarak yang cukup dengan mobil itu untuk mengantisipasi pintu yang tiba-tiba terbuka. Bisa jadi anda akan mendengar bunyi klakson dari pengendara di belakang anda yang tidak mengerti mengapa anda tak beregerak ke kiri dan memberi ruang untuk disalip. Tenang saja , bunyi klakson di telinga tidaklah seberapa menyakitkan dibanding anda menabrak pintu mobil yang terbuka. Lagipula kesempatan menyalip pasti ada di depan.

 

 

  1. Saat lampu lalu lintas menyala merah, jangan merangsek ke depan melewati deretan mobil di sebelah kanan mereka.Selain melaggar aturan, anda bisa terserempet kendaraan di sisi lain. Tindakan anda juga membuat jengkel para pengendara yang mesti menyalip anda lagi begitu lampu berubah hijau.
  2. Saat lampu lalu lintas menyala merah, berehtilah di tengah lajur anda. Itu mencegah pengemudi memaksa ke depan sehingga anda terjepit di antara mobil dan trotoar. Saat lampu berganti hijau, meluncurlah kembali ke lajur anda di sebelah kiri agar mereka bisa mendahului.
  3. Jika ada beberapa mobil parkir palalel berselang-seling, tetaplah pada lajur anda. Jangan berzig-zag di antara mobil-mobil yang parkir itu. Pengemudi mobil yang sedang melaju bisa jadi kaget begitu anda tiba-tiba muncul kembali ke jalan. Selain itu anda juga tidak tahu apa yang ada di ruang kosong itu,bukan ?
  4. Hati-hati dengan tiga kesalahan yang biasa dilakukan pengemudi mobil yang dapat mengancam keselamatan pesepeda                               * Berbelok ke kanan di sebuah perempatan sementara dari arah           depan sedang bergerak lurus.                                                                          * Mengabaikan tanda berhenti dan memaksa berada di depan sepeda.                                                                                                                     * Menyalip pesepeda dan tiba-tiba berbelok ke kiri memotong jalur sepeda.
  5. Jika berada di persimpangan tanpa lampu pengatur lalu lintas, jangan meluncur begitu saja, sebab pengemudi mobil akan berasumsi ia bisa memotong jalur anda. Tetaplah mengayuh, namun bersiaplah juga untuk mengerem laju sepeda.
  6. Gunakan pendengaran anda sebagai sistem peringatan dini. Beberapa petunjuk yang mengindikasi bahaya antara lain mesin yang meraung atau melambat, ban mendecit, suara gigi mobil yang pindah, dan musik rap yang di setel dengan volume keras.
  7. Raih respect pengendara mobil dan motor dengan menggunkan sinyal tangan ketika anda akan berbelok, berpindah lajur atau berhenti. Gunakan tangan kanan anda jika ingin berbelok ke kanan , lakukan hal yang sama jika ingin berbelok ke kiri.
  8. Amati melalui kaca belakang mobil-mobil yang sedang parkir, siapa tau seseorang tiba-tiba muncul di jalur anda atau membuka pintu mobil. Anda juga bisa mengantisipasi pejalan kaki yang tiba-tiba muncul di sela-sela mobil.
  9. Amati setiap sisi jalan dan lajur kendaraan untuk mengantisipasi mobil, anak-anak, serta hewan peliharaan , jika sedang bersepeda di jalur yang padat.
  10. Jika anda melihat mobil berhenti di persimpangan, perhatikan roda depan nya. Itu adalah cara paling ampuh untuk mengetahui gerakan sekecil apapun dari mobil itu. Jika anda melihat roda depan mobil itu bergerak,bersiaplah untuk mengerem,mengelak,atau berteriak.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: